FRIENDSHIT EPISODE 3



FRIENDSHIT EPISODE 3

“Dag dig dug deg dog” suara itu terdengar. Itu adalah suara detak jantung dari gue dan sahabat-sahabat gue. Suara detak jantung gue dag, Qobra dig, Fanhar deg, Rafat dug, dan si Qucli DOG. Sementara itu, anggota baru yang kemarin baru masuk cerita, tepatnya si Anung, dia mempunyai suara detak jantung yang aneh. Kadang tak tik tuk, dar der dor, malahan pernah suara detak jantungnya itu menyerupai suara drum akoustic.
Kita itu mempunyai sifat yang tidak baik untuk dicontoh. Yaitu DENDAM. Ya, kita itu orangnya dendaman. Kalau orang lain berbuat jahat ke KITA, maka akan dibalas juga dengan kejahatan. Entah asalnya dari mana, tapi ya memang sifat kita semua itu sama saja. Mungkin inikah takdir TUHAN? *emmm lebay.


Gue, adalah Zean. Orang yang baiknya kebangetan, tapi dendamnya pun kebangetan. Karena prinsip hidup gue tuh ya ga mau kalah. Pernah suatu ketika gue lagi badmood, males ngapa-ngapain. Terus ada teman yang ngasih duit ke gue 5 ribu, katanya sih dia lagi ulang tahun bagi-bagi duit, tapi karena gue orangnya dendaman, akhirnya besoknya gue bales. Gue kasih dia 2x lipat, yaitu 10 ribu. Eh dia malah nolak uang itu, dia lebih milih tirai nomor 2 yang ternyata isinya ZONK. Lah? Kok jadi kuis. Jangan dihiraukan, yang pasti, dendam gue itu ya dendam yang baik.
Qucli, adalah orang yang paling baik. Kenapa? Karena dalam hidupnya itu tidak ada hal yang bernama dendam. Dia orangnya ga pernah dendam, tapi orang yang paling sering kena dendam. Gue aja bingung orang garing kayak gini kenapa bisa kena dendam terus. Nih ya, setiap orang yang pernah mendengar si Qucli ngelucu itu pasti punya dendam terhadapnya. Karena setiap Qucli melucu, orang yang mendengarnya itu pengen muntah, diare, kejang-kejang, bahkan ada yang sampai mati suri. Biasanya mereka suka dendam dengan menyantet Qucli. Sayangnya ga berhasil. Soalnya mereka minta santetnya ke orang bodoh, bukan orang pinter.
Qobra. Orang yang paling jago soal dendam. Kalau ada orang yang menyakitinya, dia selalu membalasnya. Pernah gue jailin dia dengan memasukan sampah pelastik ke tasnya, eh ketika dia tau langsung balas dendam. Dia langsung memasukkan Qucli ke tempat sampah. Dendamnya aneh, gue yang ngelakuin, dendamnya malah ke si Qucli. Bahkan pernah Rafat dan Fanhar pun menjahili Qobra dengan cara membakar bukunya. Eh si Qobra marah-marah hingga akhirnya dia membakar si Qucli. Makanya jangan suka macem-macem ke si Qobra, soalnya kasian ke si Quclinya.
Beda halnya dengan Fanhar dan Rafat, kedua orang ini selalu dendam ke cewek. Kadang gue kasian ke ceweknya. Misalnya gini, kalau si Rafat diselingkuhin, maka nanti ketika dia punya cewek baru, dia bakal selingkuhin ceweknya. Itu ga baik, kasian ke ceweknya. Kalau si Fanhar lebih parah. Kalau misalkan dia diselingkuhin sama ceweknya, maka besoknya dia bakal macarin si cowoknya. Jadi si ceweknya hanya bisa menangis. Nah loh, si Fanhar kalau udah dendam bisa jadi homo.
Sementara anggota baru kita, si Anung. Gue belum tau soal dendamnya. Tapi sejauh ini, kita paling seneng kalau si Anung udah dendam. Karena pernah saat itu, ketika si Anung dijailin sama satpam di sekolah, si Anung sampai marah-marah dan kesal. Hingga akhirnya dia dendam. Nah, dendamnya itu yang enak. Ketika dia dendam, maka dia akan mentraktir kita bakso sepuasnya. Aneh banget.
Itu sekilas perkenalan kita tentang dendam. Yang pasti, jangan macem – macem ke kita, karena kalian akan merasakan akibatnya.

FRIENDSHIT Part 3.1
          Setelah kejadian kemarin itu, gue jadi jengkel kalau ngeliat si Qorun. Pangen banget ninju mukanya sampai bonyok. Gue ga nyangka teman gue yang waktu dulu deket banget sama gue itu bisa ngekhianatin gue. Kalau udah kayak gini, gue ga akan bisa dendam dengan baik-baik. Tapi yang paling gue khawatirin sih si Fanhar. Gue takut dia dendam sampai macarin si Qorun. Hiiiiiii, ga kebayang kalau mereka sampai pacaran. Jijik nanti gue liatnya.
            Gue tersadar dari lamunan itu. Karena beberapa meter lagi, gue bakal sampai di depan gerbang sekolah.
“Bang, ambil aja kembaliannya buat abang.” Kata gue sambil memberikan duit ke tukang angkotnya, lalu bergegas lari ke dalam gerbang sekolah. Sengaja gue lari, karena gue bayar cuma 3 ribu dan itu artinya ga ada kembaliannya.
            Hari ini entah kenapa gue bahagia sekali, padahal hati gue masih dendam sama si Qorun. Ah mungkin memang gue terlalu lebay. Lorong-lorong sekolah seperti menyambut gue dengan udara sejuknya. Orang-orang seperti menyapa gue dengan senyumannya. Ini sih hanya khayalan gue aja, aslinya dari gerbang sampai masuk ke kelas ya biasa aja, nginjek lantai, terus melewati siswa – siswi tanpa disapa sedikitpun. Maklum, soalnya gue paling populer di sekolah ini. Lah??
Ketika gue sampai di depan kelas, teman-teman gue sedang berkumpul dan sepertinya menunggu kehadiran gue.
            “Hai, nama kamu siapa?” ucap Qucli menghampiri gue sambil menyodorkan tangan.
            KRIK... KRIK... KRIK...
            Teman-teman gue cuma bengong dan tercengang ngedenger si Qucli ngelucu.
            “Nama gue? Kan elo udah tau.” Jawab gue.
            “Hehe.. kan gue lagi ngelucu Zean.” Kata Qucli sambil tertawa terbahak-bahak sendiri. Baru kali ini ada orang yang melucu, tapi ngomong bahwa ia lagi ngelucu. Terus ketawa sendiri lagi.
            Gue simpen tas ke meja gue, tapi meja guenya ga ada. Iyalah, orang gue belum masuk kelas. Nah sekarang baru masuk kelas, dan meja gue ada. Setelah itu, gue keluar kelas lagi menghampiri mereka yang lagi kumpul. Sepertinya lagi mendiskusikan sesuatu.
            “Woy Zean, sini! Gue mau ngomong sesuatu.” Kata Qobra. Gue langsung aja menghampiri mereka yang lagi diskusi. Mereka diskusi dengan membentuk lingkaran, udah kayak lagi pengajian.
            “Ada apa sih?” jawab gue penasaran.
            “Gue dendam sama si Qorun. Pengen banget gue gebukin tuh orang.” Kali ini Rafat yang berbicara.
            “Jangan bro. Jangan pake kekerasan. Sabar.” Jawab Qucli dengan wajah datar tanpa berdosa.
            “Terus gimana? Dengan kelembutan hati? Lu pikir hati gue selembut su*ra?” kata fanhar.
            “Tapi kayanya bener juga kata si Qucli bro.” Kata gue sambil memutarkan mata (biar keliatan mikir)
            “Loh? Tumben banget lu pro sama si Qucli?” jawab Qobra sambil mendelik.
            “Jangan – jangan lu disogok? atau malah disantet?” kata Rafat.
            Qucli hanya tersenyum melihat kelakuan teman – temannya yang seperti itu. Sementara gue lagi muntah ngeliat senyumnya si Qucli.
            “Iya dong sayang, pastinya aku sayang kamu.....” tiba – tiba si Anung berbicara sampai membuat kita berlima sedikit terkejut dengan ucapannya, lalu melihat ke arahnya.
            Ternyata dia sedang video call bareng pacar barunya; wakil kepala sekolah sekaligus guru fisika kita, yaitu si Mamih. Yang lebih anehnya, dia video call tapi pake kamera belakang. Jadi si layarnya ngadep ke kita. Si mamih sedang tersenyum genit di layar itu. Senyumannya itu loh keliatannya pedes. Kenapa pedes? Soalnya diantara celah – celah giginya ada sisa cabe yang nongol. Mana cabenya gede banget lagi.
            “Eh, si Anung kok sweet banget ya sama pacar barunya?” kata Qobra.
            “Mata lu sweet, jijik banget gue liatnya. Ga kebayang kalau si Mamih lagi marah, si Anung pasti harus ngerayu pake rumus hukum newton kali ya?” kata fanhar.
            “Masih mending itu mah. Gue mah ngebayangin kalau si Anung putus sama si Mamih, terus dia bakal galau gabisa move on sampai bikin kata – kata pake bunyi hukum newton satu.” Kata gue sambil tertawa pelan.
            “Bener juga lu Zean hahaa.. contoh kata-katanya apa Zean?” kata Rafat.
       “Begini, menurut hukum newton satu, benda tidak akan berpindah kecuali ada benda lain yang memaksanya untuk berpindah.” Kata gue sambil menirukan gaya penyair yang syahdu.
            “Terus?” ucap mereka.
            “Begitupun dengan hati. Hati tidak akan berpindah, kecuali ada cinta lain yang memaksanya untuk berpindah.” Kata gue sambil mengelus dada layaknya orang lagi sedih.
            “Plakkkkkkk....” teman – teman gue nepuk jidatnya si Qucli sambil tertawa menjijikan mendengar omongan gue yang super lebay itu.
            “SAATNYA JAM PERTAMA DIMULAI.....” suara bel masuk sekolah terdengar. Teman – teman gue masuk kelasnya masing – masing. Sementara si Anung masih sibuk dengan stupidphone miliknya yang sedang video call bareng si Mamih. Aneh, padahal kan sekarang pelajarannya si Mamih.
*   *   *
FRIENDSHIT PART 3.2
            Jam istirahat sudah tiba. Dengan malasnya gue keluar kelas. Pelajaran tadi pagi adalah fisika, dan itu menyebalkan. Si mamih sebagai guru hanya memberikan tugas mencatat sebanyak tiga puluh tujuh halaman. Sementara ia hanya video call dengan si Anung. Padahal satu ruangan. Mana sayang – sayangan lagi. Dan yang lebih parahnya, cabe yang nempel di giginya masih nyelip. Malah nambah gede dan banyak. Kayaknya itu cabe tumbuh dan berkembang biak di giginya.
            Di luar kelas sudah ada teman – teman gue. Mereka sepertinya sedang berdiskusi. Mungkin sedang memikirkan strategi memusnahkan pelakor di dunia ini. Atau mungkin juga sedang memikirkan cara agar cabe di giginya si Mamih bisa panen lebih banyak? Ah makin ngaco aja. Akhirnya gue sampairin mereka dengan hati – hati, terus gue kagetin mereka.
            “DORRRRRRR.........” kata gue sambil teriak dan mendorong mereka.
            “Burung Cendrawasih – Burung Cendrawasih..!!!!!” kata Qobra yang kaget dan sedikit latah.
            “Lah? Kok burung cendrawasih?” kata gue heran.
            “Ya kan biasanya orang latah Cuma bilang ayam – ayam. Nah gue bikin inovasi baru, latahnya sambil teriak burung cendrawasih – burung cendrawasih.” Jawab Qobra menjelaskan.
            “Gue baru tau kalau latah itu ada inovasinya.” Kata Rafat sambil menggaruk kepalanya yang tidak gatal. Karena dia memakai shampo yang direkomendasikan oleh para ahli.
            “Mungkin suatu saat nanti ada yang latah sambil bilang kucing – kucing bebek – bebek hahahaaaa..”kata Qucli sambil tertawa terbahak – bahak.
            krik... krik... krik... seakan jangkrik di seluruh dunia berkumpul disitu semua buat ngata-ngatain si Qucli. Sementara gue dan teman – teman gue cuma tercengang heran ngedenger omongan si Qucli tadi, lalu tepuk tangan untuk memberi apresiasi terhadap apa yang sudah si Qucli omongkan.
            Kita kalau lagi kumpul ya begitu. Suasana lagi asik – asiknya, tapi pada akhirnya si Qucli selalu memberikan statement yang membuat suasana jadi anyep. Tapi menurut gue itu adalah sesuatu yang menyenangkan. Karena gue dan teman – teman bisa saling melengkapi.
            “Eh gaes, liat tuh.” Ucap Qobra sambil menunjuk ke depan kelas yang ada di lantai dua. Disana ada si Qorun lagi manja – manjaan sama pacar barunya. Si Kayla. Cewek incaran kita semua. Pokoknya manja banget, suap – suapan makanan. Jengkel gue liatnya, pengen banget gue nyuapin si Qorun, tapi pake sekop.
            “Njirr kok gedek ya gue liatnya.” Jawab gue sambil mengerutkan alis.
            “Sampairin yu. Harus dikasih pelajaran kalau orang kaya gitu sih.” Kali ini Fanhar yang menjawabnya sambil mengepalkan tangan.
            “Pelajaran apa? Bahasa Indonesia? Matematika? Fisika? Hahaha...” jawab Qucli sambil tertawa terbahak – bahak.
            Teman – teman gue langsung mengalihkan pandangannya ke si Qucli, semuanya mengepalkan tangan. Sementara si qucli tenang – tenang aja sambil tersenyum, lalu ia juga mengepalkan tangan, setelah itu dia langsung lari ke kelasnya. Sayangnya gue telat buat sleding kepalanya.
            “Gila tu orang, ngelucu kok ga ada kemajuan ya.” Kata gue sambil geleng – geleng kepala.
            “Gapapa, biarkan dia berkarya.” Ucap Qobra sambil tepuk tangan.
            Si anung datang, menghampiri kita sambil memegang stupidphone nya. Tumben – tumbenan ini orang nyamperin kita. Mungkin kuota buat video callnya abis.
            “Hei, kalian masih ngeributin si Qorun yang nikung kalian semua? Yaelah pliss deh jaman sekarang banyak cewek diluar sana, ngapain lu ngeributin satu cewek?” kata si Anung sok ganteng dan sok bijak. Padahal sepanjang dia ngomong, ingusnya meler sebelah.
            “Heh anung, yang gantengnya bagaikan bunyi hukum newton.....” kata Qobra. Mendengar omongan itu, si Anung malah seyum dan salah tingkah. Menutup mulut menggunakan tangannya, senyum – senyum manja, terus ngedipin mata. Udah kayak iklan obat batuk sekaligus obat mata.
            “Gue tau, cewek masih banyak. Tapi kelakuan si Qorun itu berlebihan. Kita harus memberikan sesuatu yang berharga buat dia. Biar dia kapok. Lo urusin aja pacar lo yang paling cetar membahana si Mamih guru Fisika itu.” Lanjut Qobra. Tanpa sadar, ada kepala sekolah di depan kita yang lagi mendengar kita ngrumpi.
            Kepala sekolah kita bernama Pak Gunday. Dia berjenis kelamin laki – laki. Yaiyalah kalau perempuan ya namanya Bu Gunday. Dia adalah kepala sekolah yang paling baik. Karena murah senyum, ciri khasnya adalah senyum yang memperlihatkan semua giginya, bahkan sampai gusi belakangnya pun keliatan. Cocok banget buat jadi bintang iklan. Bukan iklan pasta gigi sih, tapi iklan “BAHAYA RADANG GUSI.” Pokoknya senyumnya lebar, ya walaupun ga manis sih. Karena yang manis itu ya masa lalu gue. Heh??
                Pak Gunday sepertinya mendengarkan omongan kita, tapi ya gue sih yakin dia  gakan marah. Karena dia selalu tersenyum.
                “EH ADA PAK GUNDAY, SELAMAT SIANG PAKKK....” ucap kita berlima ke Pak Gunday.
                “Hehehe siang juga hehehe..” jawab Pak Gunday. Ohya, dia pun kalau ngomong pasti sambil tertawa. Tertawanya pun sederhana. Cuma “hehehe”. Selalu seperti itu. Bahkan ketika pidato saat menjadi pembina upacara pun dia tertawa sampai ratusan kali. Semua warga di sekolah pun jadi bingung. Ini kepala sekolah ramah atau emang lagi kerasukan?
                Setelah itu, dia pergi. Tapi ada yang berbeda dari Pak Gunday, dia tidak terlalu ramah kali ini. Entah apa yang ada di pikiran Pak Gunday, ah sudahlah, gue ga peduli. Tapi yang bikin gue heran, si Anung mukanya kayak ketakutan, dan langsung masuk ke kelasnya. Ah sepertinya dia sedikit terpukul oleh omongan si Qobra yang menyindirnya terlalu keras.
                Setelah si Anung masuk kelas, si Qucli yang keluar, menghampiri kami. Belum aja sampai mendekat, kita sudah bangun dan mengejarnya hanya karena perihal melucu tadi. Akhirnya gue kesampaian buat sleding kepalanya. Sampai kepalanya cidera hamstring.
               
*   *   *
FRIENDSHIT EPISODE 3.3
            Sepertinya cuaca siang ini panas sekali, makanya gue beli minuman anti dehidrasi. Kalau teman – teman gue sih minumannya terlalu mainstream. Ya minuman yang tagline nya ”Apapun makanannya, minumnya tetep air putih”. Padahal salah sih, itu bisa memicu keributan. Yang bener itu air putih atau air bening? Yang bener sih air mineral. Cuma belibet aja ngomongnya, makanya lebih simpel air putih. Lah? Kok jadi ngomongin air?
                Suasana di dalam kelas kurang begitu ramai. Maklum, Homen dan Bokir tidak masuk kelas. Katanya sih sakit, tapi kayaknya boongan. Soalnya tadi gue liat di instagram, mereka upload foto lagi liburan di Raja Ampat. Ya walaupun fotonya cuma editan. Ya tapi masa orang lagi sakit masih sempet – sempetnya ngedit foto. Tapi tak mengapa, asalkan dia bahagia. Sementara itu, si Qucli belum masuk kelas. Dia di UKS sekolah, soalnya kepalanya lagi cidera hamstring, habis gue sleding tadi.
                Jam pelajaran setelah istirahat ini adalah pelajaran Pak Limbah, tapi sampai saat ini masih kosong. Soalnya Pak Limbah lagi ga masuk. Katanya sih lagi sakit. Tapi kayaknya sih boongan. Soalnya gue juga tadi liat foto di instagramnya upload foto lagi berbaring di rumah sakit dengan caption “Lagi sakit nih, semoga cepet sembuh ya”. Lah? Udah tau sakit, kenapa harus diupload ke medsos? Cari perhatian? Atau cari likers? Kunjungi beranda saya aja, jual likers. Harga mulai Rp 50.000 bisa nembus 100 like. Tertarik? Ayo DM kesini ya. *ini adalah contoh kalimat promosi.
                Setelah menutup Instagram hanya untuk ngelike fotonya Pak Limbah, gue dan teman – teman kembali berunding. Merencanakan sesuatu. Yaitu balas dendam ke si Qorun. Gue ga ngajak si Anung. Dia lagi video call sama si Mamih, yang lagi ngajar di kelas sebelah.
                “Eh gimana kalau nanti pulang, kita tunggu si Qorun di depan gerbang sana?’ usul Qobra.
                “Cara lu terlalu biasa, Qobra. Itu bakal keliatan sama warga sekolah.” Jawab gue sambil garuk – garuk. *rambut ya yang digaruk, bukan yang lain.              
                Ketika lagi asik – asiknya berunding. Ada seseorang yang masuk ke kelas. Gue ga mengenalnya. Tapi semakin dekat, sepertinya gue kenal. Dan ya, gue mengenalnya. Dia adalah QUCLI. Wajar aja gue kurang mengenalnya, soalnya kepala dia diperban. Udah kayak mummy. Hih serem. Dan di atas perbannya ada tulisan “Awas, jangan disentuh, kepala ini sedang cidera hamstring”.
                “Njirrr gue kira mummy, bikin kaget aja lu.” Kata gue. Si Qucli hanya diam. Dia tidak bisa berbicara, seluruh wajahnya tertutup perban, tinggal matanya aja yang kebuka.
                “Uhhhhhh..... pokoknya sayang bangettttt dehh sama kamuuuu.....” kata Anung yang lagi video call sama ayang embepnya. Dia berisik banget, mana video call nya masih pake kamera belakang lagi. Ini sih bukan stupidphone namannya. Tapi ya memang stupid orangnya.
                “Itu orang berisik banget sih.” Kata Fanhar.
                “Maklum, lagi kasmaran.” Jawab Rafat.
                “Heh Zean, terus rencananya gimana?” kali ini Qobra memotong.
                “Begini.” kata gue sambil memperlihatkan gaya bicara layaknya Mario Bros, eh Mario Teduh. Bukan Payung Teduh ya, kalau payung teduh itu berlarian kesana kemari dan tertawa. *heh jangan sambil nyanyi bacanya.
                “Gimana?” jawab teman – teman gue. Sementara si Qucli ga ngomong, maklum kepalanya diperban full face. Udah kayak helm.
                “Gue punya teman, nah teman gue itu punya teman. Dan temannya teman gue itu punya banyak teman. Nah diantara banyaknya teman dia itu, punya teman yang ahli soal dendam.” Kata gue.
                Sementara kelima teman gue cuma bengong sambil angguk – angguk kepala. Kalau si Qucli angguk – angguk seluruh badannya. Soalnya kepalanya gabisa ngangguk.
                “Ngerti kagak?” tanya gue.
                “Ngerti lah.” Jawab mereka.
                “Apa coba kesimpulannya?” tanya gue sambil memasang wajah sombong.
                “Hahaaa... Jawab Fanhar!” kata Qobra sambil menepuk bahu Fanhar.
                “Yaelah gitu doang, bisa lah lu simpulin Rafat!” kata Rafat sambil tertawa dan menepuk bahu Rafat.
                “Jadi kesimpulannya adalah........ jelasin Qucli!” kata Rafat sambil menepuk kepalanya si Qucli. Si Qucli berteriak tapi suaranya keututup perban.
                “Nah itu dia penjelasannya.” Kata Qobra, kita tertawa puas disitu. Baru kali ini gue dibikin ngakak sama si Qucli.
                “Eh tapi gue punya rencana sendiri ah nanti pulang sekolah. Gue mau bergerak sendiri aja” kata Qobra.
                “Sama, gue juga punya cara sendiri, liat aja” kata Rafat. Yaudah gue iyain aja mereka.
*  *  *
FRIENDSHIT EPISODE 3.4
                Bel pulang telah tiba, gue sengaja pulang duluan, ga bareng mereka. Soalnya gue mau nyari teman dari temannya teman – teman gue yang ahli dendam. Sebenernya sih simpel, si ahli dendam itu teman deket gue dari SMP. Tapi dia juga adalah teman dari temannya teman – teman gue. Gue ga salah kan?
                Si ahli dendam ini ada di kelas A. Gue sampai di kelasnya, dan dia belum balik. Lagi sendirian di kelas.
                Si ahli dendam ini bernama Clarisa. Dia berjenis kelamin perempuan. Tapi dia gamau dibilang perempuan, dia maunya dianggap sebagai cewek. Cukup! Jangan protes katanya. Semua orang memanggil dia ica. Tapi gue ga manggil dia ica. Pasaran, ga kreatif. Gue biasa manggil dia Sa’i. Entah muncul dari mana nama itu, yang jelas gue lebih seneng manggil dia Sa’i. Ciri – ciri fisiknya sih simpel, wajahnya cantik, ada ganteng – gantengnya sih dikit. Postur tubuhnya tinggi walaupun agak pendek. Badannya kurus, benar – benar kurus. Padahal makan nya banyak. Mungkin setiap makan ga pernah baca do’a, atau mungkin dia cacingan. Dari penampilan fisik sih lumayan. Lumayan ancur maksudnya.
                Dia juga sering menjadi teman curhat. Banyak sekali orang-orang yang memiliki masalah terus curhat dan meminta solusi ke dia, termasuk guru-guru. Udah kaya Mamah Dedeh ya.
                Yang berbeda dari Sa’i bukanlah dari segi fisik. Tapi dari sikapnya. Maklum, yang namanya teman gue ya pasti aneh. Dia dikenal dari sifatnya yang dendam. Bahkan dalam hal – hal sepele.
                Sebenernya dendam dia baik dalam beberapa hal.
                Contoh, saat dia meminta dibelikan sesuatu oleh orang tuanya, tapi orang tuanya tidak membelikannya. Dia akan balas dendam dengan cara membelinya sendiri. Anak yang mulia bukan?
                Contoh yang lain, saat dia dimarahi oleh guru karena nilai ulangannya jelek. Dia akan balas dendam dengan cara belajar dan mendapatkan nilai yang tinggi. Anak yang rajin bukan?
                Tapi,
                Jangan pernah main – main dengan sosial medianya. Dia adalah pebalas dendam garis keras dalam hal sosial media.
                Pernah suatu hari, dia mengambil ribuan foto selfie di sebuah tepat wisata. Tapi yang dia pilih cuma dua foto. Lalu dia mengeditnya selama seharian, ketika di upload ke instagram, yg ngasih love Cuma 7. Itu pun yg ngasih love akun  yang namanya aneh. Maklum, pake hashtag (#likeforlike). Seketika badannya lemas, ototnya kekar, lalu menelpon menkominfo untuk memblokir instagram. Eh akhirnya menkominfo memberikan dia followers gratis dan likers gratis sampai sekarang dia jadi selebgram garis keras.
                “Hai Sa’i” sapa gue ke dia sambil masuk kelas.
                “Eh!” jawab dia.
                “Kenapa?” tanya gue heran
                “Sebelum lu mendekat, lu buka instagram dulu, kasih love foto yang baru gue upload!” jawab dia tegas.
                “Oke.” Jawab gue sambil menghela napas malas. Lalu membuka instagram dan memberi love pada foto dia yang lidahnya lagi melet sekaligus manyun. Hih, jijik! “Udah ya!” lanjut gue.
                “Sip, sekarang lu boleh kesini.” Jawab dia sambil memgang hp.
                “Ada apa?” lanjutnya.
                “Gue butuh bantuan lo!” jawab gue.
                “Hah? Gitu ya? Lu dateng ketika butuhnya doang?” jawab dia sedikit angkuh. Gue sedikit jengkel ngedenger jawabannya.
                “Enak aja lu! Inget, dulu ketika lu sakit, siapa yang ngerawat lu? Terus ketika nilai ulangan lu jelek, siapa yang memotivasi lu? Lu ga inget?” jawab gue sedikit emosi.
                “Eh iyaya, elu ya?” tanya dia sedikit tersenyum.
                “Bukan lah! Orang tua elu!” jawab gue sambil mengangkat alis gue.
                “Oh iya gue lupa. Sorry Zean” kata dia tersenyum. Lalu mempersilahkan gue duduk. Entah gue yang bodoh atau memang dia yang benar – benar kurang pintar.
                “Terus selama ini kenapa ada siang dan malam? Air laut pasang surut? dan lu tau itu gara – gara apa?” kata gue sambil tetep emosi.
                “Karena orang tua gue juga ya?” jawabnya sambil tersenyum dan mengangguk.
                “Ya karena rotasi bumi lah! Makanya belajar IPA, maen instagram melulu!” kata gue sambil berkata sinis.
                “Eh maaf Zean.” Jawab dia memelas. Gue tertawa dalam hati, ini anak kenapa? Gila atau emang lagi gangguan saraf otak?
                “Lu kenal Qorun kan?” kata gue.
                “Anak kelas B itu? Yang sok ganteng tapi brengsek?” jawabnya penuh dendam.
                “Lah? Kok brengsek?” tanya gue heran.
                “Iya brengsek banget, dia pernah deketin gue, bahkan udah romantis sampai kita jambak-jambakan, eh dia malah jadian sama cewek lain. Adek kelas itu tuh yang namanya Kayla. Iya sih, gue tau cakepan dia. Gue sadar diri.” Jawabnya sambil nangis. Gue heran kenapa dia yang jadi curhat sampai-sampai gue nenangin dia.
Karena gue ga tega, gue gajadi cerita sama dia. Setelah itu gue cabut dari kelas itu, meninggalkan si Sa’i yang lagi merenung. Ketika sampai di tempat parkir, gue ngerasa ada yang aneh. Tapi gue belum sadar apa yang aneh?
Gue pikirin,
Gue renungin,
Dan akhirnya gue sadar,
Ternyata gue salah parkiran. Ini tempat parkir masjid sebelah, bukan tempat parkir sekolah. Alhasil gue balik lagi ke sekolah karena tempat parkirnya kelewat.
Di tempat parkir gue mendapati Qobra, sepertinya sedang merenung. Dan di seberang ada kecelakaan motor. Gue liat sih ada Pak Satpam yang lagi tergeletak dan motornya dibawa ambulance ke rumah sakit.
“Heh kenapa lu ngelamun?” kata gue.
“Engga Zean hmmm...” jawab Qobra.
“Terus itu Pak Satpam kecelakaan kenapa?” tanya gue. Lalu Qobra bercerita dan menjelaskanya. Lalu bergegas balik. Gue balik nebeng sama si Qobra.
Sesampai di rumah, gue sengaja tiduran di kamar. Biasa, penyakit anak jaman sekarang, mager. Sambil tiduran gue iseng-iseng buka instagram. Ohya, id instagram gue bernama @fauzian.muhamad. biar pada percaya aja kalau gue punya instagram. Nah, gue ga sengaja ngeliat postingan quote gitu yang isinya “Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik” – Ali bin Ali Thalib.
Awalnya gue kurang mengerti dengan kalimat ini. Tapi setelah gue pikirin lebih dalam lagi, ternyata isi maknanya begitu menyayat hati. Lalu, gue punya ide buat kasih tau teman-temea gue soal ini.





*  *  *
FRIENDSHIT EPISODE 3.5
                Tetew.... teteww... tetewww....
Suara ayam berkokok di belakang rumah. Suara ayam yang tidak wajar. Maklum, ayam disini dikasih makan campur micin, jadi suaranya begitu. Gue segera bangun dari tidur dan beranjak ke kamar mandi. Di dapur, ada nyokap gue yang lagi goyang ga jelas sambil di video, terus tangannya ngangkat dua jari gitu. Ah, pemandangan yang sudah biasa. Gue mengabaikannya.
                Bokap gue belum balik kerja. Maklum, lagi lembur. Karena begitu, gue kalau lagi mandi sambil nyanyi lagu favorit gue, “Qerja lembur bagai Quda. Sampai lupa istri tua.”.
                Setelah semuanya selesai, gue langsung berangkat ke sekolah. Ngucapin salam lewat WhatsApp. Soalnya tadi gue ngucapin langsung, ga dijawab. Nyokap gue lagi sibuk maenin hp.
                Gue nungguin angkot, tepatnya sih lagi milih-milih angkot. Khawatir bertemu dengan sopir angkot yang kemarin gue jailin. Angkot pun datang. Dan gue bersyukur ternyata sopir angkotnya berbeda. Memakai jaket AW. Biar kekinian, tapi lagunya dangdut koplo. Uh, jadi angkot favorit kalau sudah begini. Karena tidak terasa, gue sudah sampai di depan gerbang sekolah aja. Gue bayar, lalu gue jalan ke gerbang sekolah. Tapi, tiba-tiba sopir angkotnya bilang.
“Dek, uangnya lebih nih!”
“Ohiya bang” kata gue sambil menghampiri angkot itu lagi. Gue berpikir ternyata sopir angkot itu baik. Gue menyesal usil sama sopir angkot kemarin.
Tapi setelah itu, angkot kembali melaju dan si sopirnya bilang “TAPI BOONG!” dan tertawa terbahak-bahak.
Jlebb.... detik itu pula gue jadi percaya bahwa karma itu ada.         Ternyata itu sopir yang kemarin gue jailin.
                Di pintu gerbang sekolah, sudah banyak SOSIS yang berbaris. SOSIS adalah organisasi yang bisa dibilang asisten guru. Kerjaannya nyatetin murid yang telat. Padahal dalam hidup, ada quote yang mengatakan “Tidak ada terlambat untuk menuntut ilmu”. Gue pernah menjawab seperti itu ketika gue telat dan ditanyai oleh guru. Tapi setelah itu, gue di tampar.
                Belum sampai kelas, ada keributan di depan ruang guru. Bahkan ada tukang pisau disitu. Lagi ngejual pisau buat yang lagi berantem. Mulia sekali ya si abang tukang pisau ini, membantu orang yang sedang gelud. Karena penasaran, gue hampiri aja. Tapi sebelumnya, gue beli dulu pisau takut tiba-tiba gue diserang kan nanti bahaya jadinya.
“Bang, beli pisau.” Kata gue.
“Boleh nih pilih.” Kata abangnya.
“Yang ini ya, berapa?” kata gue sambil memilih.
“1 juta” kata abangnya.
“Dih? Mahal amat! Biasanya juga 25 ribu” kata gue.
“Murah amat! Yaudah! 10 ribu dah.” Kata abangnya memelas.
“Lebih murah ya bang rezeki anak sholeh ini. Makasih bang” kata gue sambil menghampiri keributan tadi.
Ketika gue sampai di tempat kejadian. Keributan selesai dan semua murid bubar. Gue cuma sepintas melihat si Anung yang kepalanya bocor dibawa ke mobil ambulance. Dan Pak Gunday yang giginya juga bocor. Gue kecewa karena keributan selesai. Mana gue udah beli pisau lagi. Makanya selepas itu gue berhasil menjual pisau yang stadi ke tukang pisaunya seharga 1 juta. Lalu gue masuk ke kelas.
“Kok gue jadi heran ya bisa ribut gitu.” Ucap Fanhar.
“Kayaknya si Anung nyolek bokongnya Pak Gunday deh.” Kata Qobra.
Ada perbincangan di dalam kelas.
“Eh eh eh ada apa sih itu tadi ribut?” kata gue yang baru masuk kelas.
“Yaelah lu Zean ketinggalan berita nih. Kerajinan sih lu dateng kesiangan.” Kata Qobra.
“Itu tadi Pak Gunday kepeleset dan jatuh sampai giginya bocor, terus giginya kena kepala si Anung sampai bocor hahahahahaaa.............” Kata Qucli.
................. .................... ............... hanya suara angin yang terdengar ketika Qucli berbicara.
“Qucli? Lu pengen gue seleding lagi kepalanya?” kata gue. Lalu Qucli hanya menggeleng-gelengkan kepala.
Sementara Rafat hanya berdiam diri dan menunduk.
“Habis ini, liat aja si Qorun yang bakal gue hajar sampai air ketubannya pecah.” Kata Fanhar.
“Oh iya gue baru inget soal Qorun. Kemarin gue kan nyamperin teman dari temannya teman-teman gue. Tapi gue belum sempat ngomong. Gimana kalau nanti pulang sekolah aja? Dia namanya Clarisa yang biasa gue panggil Sa’i, itu yang ada di kelas A.” Kata gue.
“Oh si Ica, bilang dong dari kemarin.” Qobra.
“Lu kenal?” kata gue heran.
“Ya kenal lah. Di sekolah ini, siapa yang ga kenal selebgram garis keras macam dia. Semua orang dia follow instagramnya.” Kata Qobra.
“Masa iya? Emangnya dia tau apa nama semua murid di sekolah ini.” Kata gue ga percaya.
“Dia kan minta daftar nama semua murid ke administrasi sekolah. Setelah itu dia follow satu per satu. Kalau orang-orang ga follow balik, bakal dia kutuk jadi batu. Mana batunya batu akik lagi.” Kata Qobra.
“Stop! Jangan ngegosip dong, inget dong tujuan kita cuma satu. Menghancurkan si Qorun.” Kata Qucli.
“Yaudah oke pulang sekolah kita temui Ica.” kata Fanhar.
Setelah itu gue menghampiri Rafat karena dia masih merenung dan tertunduk. Dan dia bercerita tentang kenapa ada keributan tadi.
Bruakkkkkk... Tiba-tiba pintu kelas di dobrak. Padahal ga dikunci.
Lalu muncul sesosok makhluk halus yang ternyata makhluk kasar. Dia adalah Pak Gunday. Biasanya memasang muka yang ramah. Tapi kali ini mukanya sangar, walaupun tetap keliatan giginya. Eh tapi ga keliatan giginya, soalnya giginya lagi diperban.
Kita semua panik, karena Pak Gunday menghampiri kita.
“Halloooooo......” sapa Pak Gunday.
Dan kita terkejut.

*   *   *
FRIEDSHIT EPISODE 3.6
                Di dalam ruangan kelas A
                “Oh jadi cuma itu masalah kalian?” tanya Sa’i.
                “Iya dan kita mau balas dendam sama si Qorun.” Jawab Qobra.
                “Gue tau caranya, huahuahuahua” kata Sa’i sambil tertawa.
Tapi gue merasa ada hal yang mengganjal, karena semalam membaca artikel yang sepertinya membuat hati gue sedikit lebih baik, dan akhirnya gue sampaikan ke Sa’i.
                “Tapi kemarin gue baca artikel di internet ada yang mengatakan Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik” kata gue sambil tersenyum. Teman-teman gue langsung pada ngeliatin dan sepertinya tersentuh hatinya.
                “Zean? Lu sehat kan? Tumben lu bijak.” Tanya Qobra.
                “Dasar lu generasi millenium. Ketika salah dimaki-maki, giliran bener dibilang tumben.” Kata gue.
                Sa’i terdiam dan sepertinya sedang berpikir dan menyerap kata-kata yang tadi gue ucapkan.
                “Tapi lu bener Zean. Dan kayaknya lu semua ikutin aja solusi atau rencana dari si Zean. Kayaknya dia punya ide yang bagus. Judulnya “Dendam Terbaik”.” Kata Sa’i tersenyum.
                “Iya gue punya rencana lain, gimana? Kali ini lu pada percaya ga sama gue?” tanya gue.
                “Bener juga lu, oke Zean kita pergi dari sini. Apa rencana lu selanjutnya?” kata Fanhar.
                “Eh! Kalau mau bikin rencana jangan disini. Gue mau punya rencana juga ini!” kata Pak Gunday yang ada di belakang. Gue lupa dia ikut kesini dan mau cerita sama si Sa’i juga. Entah apa yang mau ditanyakan sama Pak Gunday, intinya kita diusir dari situ dan dia melanjutkan ceritanya berdua dengan Sa’i. Gue ngeri aja Sa’i digigit sama ini orang. Bukannya jadi drakula, malah kena rabies nanti.
                Gue bersama 4 teman lainnya bergegas ke tempat parkir. Ini waktunya pulang, tapi gue ingin menutup kisah ini dengan hal yang baik, bukan absurd.
Di tempat parkir.
                “Gaess, gue mau ngomong sama kalian.” Kata gue.
                “Yaudah, masa mau ngomong malah ngomong dulu.” Kata Qobra.
                “Iya biasanya lu kalau mau ngomong ga ngomong dulu,” kata Rafat.
                “Eh bentar, si Zian ngomong katanya mau ngomong dulu. Masa mau ngomong malah ngomong dulu, biasanya kan kalau ngomong ga usah ngomong dulu. HA-HA-HA.” Kata Qucli tertawa.
                Krik...krik...krik... ASLI kali ini jangkrik di seluruh dunia berkumpul untuk menertawakan Qucli.
                Pletokkkk... sebuah gir motor nyangkut di kepala Qucli. Fanhar yang melemparnya, dan Fanhar berkata “Maaf cuma becanda”. Melempar gir motor sampai nyangkut di kepala Qucli merupakan becanda yang wajar bagi seorang Fanhar.
                “Ayo, gue serius nih.” Kata gue dengan ekspresi wajah yang meyakinkan. Lalu mereka duduk dengan bersila dan gue berdiri. Seperti sedang memberikan tausyiah kepada mereka.
                Teman-teman gue langsung berhenti tertawa dan langsung mendengarkan gue dengan baik. Mereka tau walaupun gue sering becanda, sekalinya serius harus serius. Karena pernah waktu itu, saat gue presentasi dengan serius, mereka malah bercanda tertawa. Selepas presentasi, gue langsung membawa mereka ke rumah sakit, dan gue jual ginjalnya satu per satu. Sejak saat itu, mereka takut sama gue ketika lagi suasana serius. Karena mereka tahu ginjalnya tinggal satu, kalau dijual lagi ya habis lah.
                “Kita sedang dalam jalan yang tidak benar. Dendam itu bukanlah hal yang baik. Tidak ada kebaikan didalamnya, hanya memberikan kepuasan tersendiri untuk si pendendam. Selebihnya? Tidak ada. Semuanya buruk.” Kata gue seperti seorang motivator ala ala Mike Tyson. Eh ala John Cena. Eh salah, siapa ya, oh ya ala Edy Rahmayadi maksudnya.
                Sementara itu gue ngeri liat mukanya Qucli, ada gir yang masih nyangkut di jidatnya. Akhirnya karena terdesak, gue cabut gir motornya. Lalu gue perban pake daun pisang.
                “Sekarang gue tanya ke lu Qobra. Ketika lu membocorkan ban motor kemarin, yang lu kira milik Qorun, ternyata milik pak satpam dan akhirnya dia kecelakaan sampai motornya yang masuk rumah sakit, bukan orangnya. Apa yang lu dapatkan?” kata gue sambil tertawa sedikit. Dan Qobra menggeleng.
                Lanjut gue, “Tidak ada kan? Justru yang didapatkan hanyalah keburukan. Pak Satpam jadi ga ada motor buat kerja. Dan lain-lain. Bayangkan kalau itu bokap lu.” Kembali gue senyum dan sedikit menunduk.
                Mata mereka sudah mulai berkaca-kaca termasuk gue. Dan ternyata si Qucli yang mengeluarkan bawang merah. Percayalah, mata gue perih banget.
                “Dan lu Rafat. Ketika lo sengaja meletakkan kulit pisang di depan ruang guru. Lalu pisangnya lu titipkan kepada Qorun yang pada akhirnya Qorun menitipkannya lagi kepada Anung. Yang saat ketika Pak Gunday terpeleset menginjak kulit pisang, Pak Gunday menyalahkan Anung sehingga terjadi pertengkaran hebat sampai kepala dan giginya bocor. Apa yang lu dapatkan?” tanya gue ke Rafat. Dan lagi, Rafat menggelengkan kepalanya.
                “Dan terakhir, lo Fanhar.” Kata gue.
                “Lho? Kok gue? Gue kan ga ngelakuin apa-apa walaupun dendam sama Pak Gunday.” Kata Fanhar.
                “Iya gue tau, dan gue ga bahas itu.” Kata gue.
                “Terus?” Fanhar sedikit nyolot.
                “Gue cuma mau nanya. Ketika lo diselingkuhin sama cewek lu. Dan cewek lu nemuin cowok barunya. Lalu besoknya lu malah macarin cowoknya. Apa yang lu dapatkan?” kata gue sedikit jijik karena si Fanhar berbau gay alias homo.
                “Emmmm... yang.. gu-gue dapatkan.. Cuma kenikmatan.” Kata Fanhar dengan terbata-bata sambil tertunduk.
                Sontak gue dan teman-teman gue terkejut. Ternyata si Fanhar emang homo. Gue dan teman-teman tertawa.
                “Hahaaa... Oke cukup-cukup. Tapi bukan itu maksud gue. Intinya gini, kalimat itu (Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik) benar.”
                “Karena balas dendam itu tidak ada yang baik, semuanya buruk. Kecuali, kalau balas dendamnya kita jadikan diri kita lebih baik.”
                “Kita sebentar lagi mau Ujian, sebentar lagi lulus. Maka dari itu, kita mendingan belajar aja agar kita dapat hasil yang baik. Kita buktikan dengan jomblo, kita lebih baik. Apa yang kita dapat? Kebaikannya bakal kita rasakan loh.” kata gue sambil tersenyum.
                Teman-teman gue ikut tersenyum, lalu berpelukan seperti di film-film. Kecuali Fanhar yang gue ga ijinkan buat pelukan.
                “Yaudah yok balik.” Kata Fanhar. Kita semua menuju motor masing-masing, gue ikut nebeng sama Qobra lagi. Sementara si Qucli bingung. Motornya ga ada girnya. Tadi yang nyangkut di kepala Qucli adalah gir motornya.
*    *    *
FRIENDSHIT EPISODE 3.7
                Hari ini hari senin. Ujian nasional dimulai. Gue dan teman-teman gue ga punya beban. Masing-masing yakin dengan hasil yang baik.
                “Kiri bang.” Kata gue sambil memberikan ongkos. Karena angkutan sudah sampai depan gerbang sekolah.
                “Ini kembaliannya dek.” Kata abangnya.
                “Gausah bang, buat abang aja.” Kata gue sambil jalan ke gerbang.
                “Makasih dek, Alhamdulillah besok bisa naik haji.” Kata abangnya sambil pergi.
                Pagi ini semua murid berbaris dulu di lapangan, karena ada beberapa pengumuman yang akan disampaikan. Karena hari masih terlalu pagi, baru sedikit murid yang kumpul di lapangan. Qucli, Qobra, Rafat, Fanhar, dan Anung sudah ada di lapangan.
                “Hello gaesss... gimana udah siap buat UN?” kata gue menyapa mereka.
                “Siap lah, gue malahan persiapan sampai 3 hari 3 malam.” Kata Fanhar.
                “Belajar?” tanya Qucli.
                “Bukan. Tidur.” Kata Fanhar. Bhakssss......
                “Eh btw, selamat ya Anung. Semoga lu tetap langgeng sama si Mamih.” Kata Qobra.
                “Langgeng mata lu!” kata Anung ngegas.
                “Lah emang kenapa?” kata gue peasaran.
                “Tuh lu liat!” kata anung sambil menunjuk pintu gerbang.
                Terdapat pemandangan yang mencengangkan, embingungkan, menyebalkan, dan sangat-sangat aneh. Tidak ada yang menyangka seperti ini. Bagaimana tidak? Disitu ada Qorun yang masuk dengan menggandeng tangan si Mamih sambil senyum. Mana cabe yang beberapa hari lalu masih nempel di giginya lagi. Bahkan di gigi Qorun juga terlihat ada cabenya. Wahh jangan-jangan?
                “Dih mimpi apa gue semalem?” Kata Rafat.
                “Mimpi basah kali!” kata Qucli.
                “Ini ga mimpi kan? Coba tampar gue!” kata Qobra.
                Plakkk..... Fanhar menampar Qobra dengan keras. Mana di tangan Fanhar ada batu akiknya lagi.
                “Kalau Qorun sama si Mamih. Terus Kayla single dong?” tanya gue bingung ke Anung. Anung menggelengkan kepalanya. Karena tidak lama setelah itu, ada mobil yang masuk ke dalam gerbang. Itu adalah mobil kepala sekolah, Pak Gunday. Dan keluarlah seorang wanita yang bernama Kayla bersama Pak Gunday. Lagi, mereka pun bergandengan tangan. Di pipi Kayla yang mulus itu terdapat gigi Pak Gunday. Hih sampai nyangkut gitu. Rambutnya masih panjang sepanjang tali silaturahmi.
“Apa ini?”
“Lho kok?”
Kita semua saling bertatapan heran.
Cinta yang tertukar.
Gue ngeliat Sa’i dan dia tersenyum ke gue. Dalam hati gue “Dia pasti tahu ceritanya.”
...
...

*    *     *



EPILOG FRIENDSHIT EPISODE 3
Selepas Ujian.
“Eh Sa’i, apa yang terjadi?” tanya gue ke Sa’i.
“Setelah lu dan teman-teman lu pergi. Pak Gunday bercerita bahwa dia ditikung sama si Anung. Dia sangat mencintai si Mamih. Tapi si Mamih malah jadian sama si Anung. Dia pengen bales dendam.” Jawab Sa’i.
“Terus?” kata gue mengerutkan dahi. Masih bingung.
“Ya gue terinspirasi dari lu yang bilang Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik. Yaudah gue bilangin aja ke Pak Gunday bahwa dia ga harus merebut si Mamih dari si Anung. Pak Gunday hanya perlu mendapatkan yang lebih baik.” Kata Sa’i tersenyum ke gue.
Gue pun tersenyum mendengarnya. “Lalu si Qorun dan si Mamih?” tanya gue masih bingung.
 “Nah tepat setelah Pak Gunday pergi, datang si Qorun. Sebenarnya gue masih benci sama dia. Tapi kembali, gue inget kalimat lu yang bikin gue jadi ga dendaman lagi.”
“Qorun cerita sama gue katanya dia sudah putus sama Kayla. Karena Qorun tidak pernah mencintai Kayla. Cinta sejati Qorun Cuma buat si Mamih. Dan Qorun kecewa karena si Mamih malah jadian sama Anung. Alasan Qorun suka sama si Mamih Cuma karena si Mamih selalu ada cabe di giginya. Itu kata dia seksi.” Kata Sa’i sedikit tertawa.
Gue menyipitkan mata dan mengerutkan dahi, tercengang dengan alasan Qorun.
“Tapi gue nasehati dia untuk tidak merebut si Mamih dari Anung. Eh karena dia keras kepala, Qorun tetap merebutnya dan untungnya Anung tegar hatinya.” Jawab dia.
“Kalau urusan Pak Gunday dapetin Kayla sih gatau. Tapi Pak Gunday kan kepala sekolah, banyak duit, apa sih yang ga bisa.” Kata Sa’i.
Gue tersenyum mendengarnya.
“Zean, lu jangan senyum gitu, manis abisnya.” Kata Sa’i natap gue.
Gue sedikit mundur karena gue mulai takut karena sepertinya tatapannya aneh.
“Mulai sekarang, lu jangan manggil gue Sa’i. Panggil clarisa atau sayang ya.” Kata dia sambil mengunci pintu kelas.
Hal yang gue takutin terjadi.
“Tidakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk!!!!!!!!!” gue berteriak.
.
.
.
* SELESAI *

Kenalan dulu yu, karena ada istilah tak kenal maka tak sayang. Ya walaupun terkadang udah lama kenal eh ga disayang-sayang. Giliran udah kenal dan udah sayang, eh malah ditinggal pas lagi sayang-sayangnya.

Share this

Previous
Next Post »